6 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan Dan Kesehatan

Dibalik ukuran buahnya yang kecil, jeruk nipis ternyata menyimpan banyak sekali jenis nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Selain populer alasannya yakni kandungan vitamin C nya yang melimpah, jeruk nipis juga mengandung beberapa nutrisi lain ibarat kadinen, minyak atsiri, vitamin C asam amino, glikosida, asam sitrun, dan juga lemak.

 jeruk nipis ternyata menyimpan banyak sekali jenis nutrisi yang sangat bermanfaat bagi badan 6 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Karena kandungan nutrisinya yang amat bermacam-macam tersebut, buah jeruk nipis banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mengobati banyak sekali macam penyakit. Buah yang “kecil-kecil cabai rawit” ini juga biasa dikonsumsi untuk menjaga daya tahan badan terutama alasannya yakni kandungan vitamin C nya yang amat kaya. Selain dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan, jeruk nipis juga dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan, terutama untuk kecantikan kulit.

1. Merawat Kulit Wajah

Caranya yakni dengan mengusapkan air perasan jeruk nipis di wajah, kemudian diamkan selama 15 menit. Setelah 15 menit, bilas wajah anda dengan air hingga bersih. Cara ini sanggup menciptakan kulit wajah anda menjadi lebih bersih, halus, putih dan juga sanggup dipakai untuk mengecilkan pori-pori kulit sehingga sanggup mencegah timbulnya jerawat. Jika anda ingin menciptakan kulit wajah anda menjadi kenyal dan juga bersih, yang sanggup anda lakukan yakni mencampurkan perasan jeruk nipis dengan putih telur kemudian oleskan pada wajah. Setelah olesan jeruk nipis dan putih telur tersebut mengering, segera bilas dengan air hangat hingga bersih. Selain kulit wajah, anda juga sanggup menggunakan jeruk nipis untuk membersihkan kotoran kulit (daki) di bab badan lainnya.

2. Solusi Untuk Diet

Zat limonin yang terkandung dalam jeruk nipis sanggup berfungsi untuk meminimalisir produksi kolesterol dan lemak dalam tubuh. Jadi, jikalau ingin badan anda semakin langsing, silahkan rutin mengkonsumsi jeruk nipis. Disarankan untuk menyampurkan sedikit perasan air jeruk nipis dengan air yang sudah ditambahkan gula secukupnya. Anda hanya tinggal meminum larutan tiap malam hari dan rasakan perbedaannya pada perut anda. Namun jangan lupa untuk tetap menjaga jumlah makanan yang anda konsumsi alasannya yakni faktor inilah yang paling mempengaruhi bentuk badan anda.

3. Merawat Kesehatan Rambut

Jeruk nipis juga sanggup anda gunakkan untuk merawat kesehatan rambut sekaligus untuk mengatasi beberapa persoalan rambut ibarat kulit kepala berminyak, rambut berketombe, rontok, dan rambut yang sulit diatur. Caranya cukup simpel, yaitu hanya dengan membasuh rambut dengan air hangat yang sudah dicampur dengan air perasan jeruk nipis. Setelah itu, diamkan rambut sebentar dan bilas lagi dengan air masbodoh hingga higienis (dianjurkan untuk menggunakan shampo).

4. Mengobati Batuk

Manfaat lainnya dari jeruk nipis yakni untuk mengobati batuk. Caranya sangat mudah, yaitu anda hanya tinggal menyediakan satu setengah sendok kecap dan juga satu buah jeruk nipis, dan sedikit garam. Setelah itu, campurkan perasan jeruk nipis tersebut dengan kecap dan juga garam kemudian minum sebanyak satu sendok makan. Minum ramuan ini dua kali sehari, maka batuk anda akan semakin sembuh.

5. Mengobati Sembelit

Jika anda mengalami sembelit yang tidak juga kunjung sembuh, maka anda sanggup menggunakan jeruk nipis untuk mengobatinya. Caranya yakni dengan mencampurkan air perasan buah jeruk nipis dengan dua hingga empat siung bawang merah yang telah dihaluskan, kemudian ditambah dengan buah asam dan juga satu sendok makan minyak kayu putih. Setelah itu, oleskan ramuan tersebut di bab perut.

6. Mengobati Demam

Caranya hampir sama dengan tips diatas, yaitu dengan menggunakan adonan jeruk nipis, bawang merah, minyak kayu putih, dan minyak kelapa. Siapkan dua hingga empat siungng bawang merah yang telah dihaluskan kemudian tambah setengah sendok minyak kayu putih dan juga setengah sendok minyak kelapa dan ditambahkan perasan jeruk nipis. Setelah semua materi dicampurkan, gunakan ramuan tersebut untuk mengkompres anggota keluarga anda yang sedang demam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...