8 Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan

Jambu biji ialah buah yang bisa di ditemukan di banyak sekali tempat. Anda bahkan tak perlu membeli buah ini di toko buah kerena pohon jambu biji bisa tumbuh di pekarangan anda tanpa harus diberi perawatan khusus. Jika dilihat dari warna daging buahnya, jambu biji bisa dibedakan menjadi dua macam, yaitu jambu biji merah dan jambu biji putih. Baik jambu biji yang mempunyai daging merah atau putih, keduanya sama-sama mempunyai kandungan gizi berupa Vitamin A, Vitamin C, serta serat yang sangat melimpah dan bermanfaat untuk kesehatan anda.

Jambu biji ialah buah yang bisa di ditemukan di banyak sekali tempat 8 Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan

Beberapa orang mungkin ada enggan mengkonsumsi jambu biji lantaran anggapan bahwa bijinya bisa menyebabkan penyakit usus buntu. Namun jangan khawatir, anda bisa menysiasati hal ini dengan menjadikan jambu biji sebagai jus. Selain itu, kini juga sudah ada varietas gres jambu biji yang tidak mempunyai biji, sehingga anda bisa tetap mendapat manfaat jambu biji tanpa perlu khawatir dengan bijinya.

Berikut ialah beberapa manfaat jambu biji bagi kesehatan tubuh anda.

  1. Mencegah Kanker dan Penyakit Jantung
    Sebuah penelitian dari United State Department of Agriculture (USDA) menawarkan bahwa mengkonsumsi jambu biji sebanyak 0,5-1 kg per hari selama satu bulan sanggup menurunkan resiko seseorang terjangkit penyakit jantung sampai 15%. Hal tersebut disebabkan lantaran kandungan antioksidan menyerupai zat kalium dan likopen yang tinggi dalam buah ini. Zat kalium sendiri ialah salah satu jenis mineral yang berfungsi untuk mengendalikan tekanan serta kolesterol dalam darah. Sedangkan zat likopen ialah zat yang sama yang terdapat dalam daun sirsak yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker, menyerupai kanker rongga mulut, tenggorokan, usus, serta dubur.

  2. Kesehatan Kulit
    Jambu biji ialah buah yang sangat kaya akan vitamin. Jika dibandingkan dengan buah jeruk nipis, maka jambu biji mengandung empat kali lebih banyak vitamin C. Selain itu, buah ini juga mengandung Vitamin A dan E yang sangat tinggi. Seperti yang kita ketahui, vitamin-vitamin tersebut berkhasiat dalam proses peremajaan kulit sehingga kulit akan tampak mulus dan abadi muda serta terbebas dari kulit kering dan keriput.

  3. Mengobati Flu dan Batuk
    Seperti yang sudah kita ketahui, jambu biji ternyata mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C sendiri mempunyai banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya ialah untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh akan terhindar dari banyak sekali macam penyakit termasuk flu dan batuk. Mengkonsumsi jambu biji setiap hari sanggup membantu mengurangi lendir di tenggorokkan, membunuh virus dan mikroba, serta melonggarkan pernapasan pada penderita flu.

  4. Mengobati Sembelit
    Selain kandungan vitamin dan mineralnya yang sangat tinggi, jambu biji juga kaya akan serat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan organ pencernaan. Mengkonsumsi jambu biji secara teratur sanggup melancarkan pencernaan kita, sehingga kita akan terbebas dari perut sembelit serta beberapa duduk masalah pencernaan lain.

  5. Buah Untuk Diet
    Buah jambu biji ternyata sangat bermanfaat bagi anda yang ingin menurunkan berat badan. Buah ini mengandung serat dan protein yang sangat tinggi dan tanpa kolesterol sehingga anda akan merasa cepat kenyang tanpa harus mengorbankan kegiatan diet anda. Selain itu, buah jambu biji juga mempunyai kemampuan untuk membersihkan sistem pembuangan dalam usus.
Selain Buahnya, daun jambu biji ternyata juga mengandung sejuta khasiat untuk kesehatan tubuh kita.

  1. Mengatasi Diare
    Daun jambu biji memang sudah semenjak usang dimanfaatkan sebagai obat alami untuk penyakit diare. Caranya pun juga cukup mudah, yaitu dengan mengunyah tiga lembar daun jambu biji muda yang masih segar dengan sedikit garam. Lakukan cara ini paling tidak dua kali sehari selama anda masih diare.

  2. Mengobati Luka Luar
    Caranya ialah dengan menumbuk beberapa lembar daun jambu biji sampai halus dengan sedikit air, kemudian tempelkan pada kawasan yang mengalami luka sayatan atau memar. Daun jambu biji akan mencegah terjadinya bisul pada luka serta mengurangi peradangan sehingga luka akan cepat mengering dan sembuh serta bekas luka juga akan cepat hilang.

  3. Mengobati Sariawan
    Caranya ialah dengan merebus enam lembar daun jambu biji muda dan dua lembar daun sirih dalam tiga gelas air. Setelah air kira-kira tinggal tersisa dua gelas, maka diamkan sampai cuek kemudian gunakan untuk berkumur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...