Apa Itu Kolesterol ?

Colesterol ialah salah satu lemak yang ada dalam badan manusia. Kolesterol itu bermanfaat untuk tubuh, diantaranya untuk pembentukan dinding sel, materi pembuatan hormon, pembuatan cairan empedu.
Bila terjadi perubahan kadarnya dalam darah (LDL-kolesterol naik, HDL-kolesterol turun) maka akan terjadi penumpukan lemak di dinding dalam pembuluh darah arteri (atherosclerosis). Akibatnya pembuluh darah sanggup tersumbat sehingga menjadi stroke dan serangan jantung.
Penyempitan pembuluh darah makin diperberat kalau banyak faktor risiko (kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, kencing manis, dan asam urat tinggi).
Penimbunan lemak di arteri sudah dimulai semenjak remaja. Kolesterol yang bermasalah ini bukan hanya milik orang gemuk atau orang bau tanah saja.
Penyebab gangguan kolesterol sanggup disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan, makan yang berlebihan (lemak dan karbohidrat), kurangnya olahraga, kebiasaan merokok, atau lantaran adanya penyakit ibarat diabetes mellitus, gagal ginjal kronik, hipotiroid dan obesitas atau kegemukan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...