Jerawat, Ada Apa Denganmu Abses ?

Inilah duduk masalah kulit wajah yang paling umum, lantaran hampir semua orang pernah mengalaminya. Jerawat tidak hanya dialami oleh cukup umur pada masa pubertas, tetapi sanggup juga terjadi pada usia jauh setelahmasa pubertas lewat lantaran hormon, kelenjar minyak, dan kelenjar keringat pada kulit tetap bekerja.

Jerawat muncul jawaban minyak atau sebum di kulit wajah terjebak di terusan kecil dan bercampur dengan partikel keratin dan basil Propionibacterium acnes dalam terusan tersebut sehingga timbul sumbatan yang meradang. Akibatnya timbullah benjolan merah yang memiliki isi berwarna putih dan mengganggu penampilan. Selain benjol kita juga mengenal komedo adalah berupa penyumbatan pori oleh lemak dan kotoran yang mengeras. Bila meradang komedo sanggup berubah menjadi jerawat.

Umumnya, benjol dialami oleh individu berjenis kulit berminyak. Hai ini sanggup disebabkan oleh gangguan pada hormon androgen sehingga kelenjar minyak menghasilkan minyak berlebih. benjol juga sanggup timbul lantaran faktor keturunan atau lantaran stres yang memicu produksi minyak di wajah lebih banyak. meski timbulnya benjol tidak sanggup dikontrol, ada beberapa langkah untuk menguranginya

  • Cuci muka minimal dua hari sekali dengan sabun anti benjol berbahan belerang dan asam salisilat. Gunakan obat pengering benjol mengandung benzoyl peroxide atau asam salisilat sehabis memcuci muka untuk membantu pengelupasan kulit mati dan mengurangi peradangan. Hindari juga menggosok kulit dengan buturan scrub lantaran sanggup melukai kulit.
  • Jangan memegang dan memencet jerawat. Memaksa benjol atau komedo keluar sanggup mendorong isi benjol masuk lebih dalam dan merobek dinding folikel. balasannya justru sanggup timbul benjol gres dan menimbulkan dan menimbulkan kulit bekas benjol menghitam serta tidak rata.
  • Gunakan pelembab bebas minyak hanya dikala kulit terasa kering. bila kulitmu cukup berminyak sampai berjerawat maka kemungkinan pelembab tidak lagi dibutuhkan. Bisa dipakai sehari-hari, kebanyakan pelembab sanggup memicu timbulnya jerawat.
  • Jauhi rambut dari wajah, lantaran rambut mengandung minyak dan sanggup menambah atau memperparah benjol bila bersentuhan. Selain itu, basuh rambutmu secara teratur.
  • Hindari menggunakn make-up, lantaran make-up sanggup menutup pori-pori dan menimbulkan benjol semakin parah dan bertambah banyak. bial harus berdandan, gunakan make-up berbahan dasar air dan segera dibersihkan setelahnya. untuk memakai sehari-hari gunakan bedak tabur yang lembut dan hindari bedak padat.
  • Kurangi masakan berlemak yang sanggup menambah produksi minyak di wajah. sebaliknya, perbanyak makan buah dan sayuran serta minum air putih.
  • Stres sanggup menimbulkan produksi hormon berlebihan . Kurangi stres dan metode relaksasi atau curhat dengan sobat .Selain itu , istirahatlah yang cukup.
Referensi : Serba Serbi Kesehatan Perempuan, Sallika NS
.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...