Kurap Dan Cara Pengobatannya

Dalam dunia kedokteran, kurap dikenal dengan nama Tinea. Penyebab Kurap ialah jamur golongan dermatofita yang terdiri dari tiga jenis yaitu Trichophyton, Epidermophyton, dan Microsporum.
Macam-macam kurap antara lain :
1. Tinea Corporis (kurap di badan)
2. Tinea Cruris (kurap di kawasan selangkangan dan bokong)
3. Tinea Pedis (kurap di kaki atau kutu air)
4. Tinea Unguium (kurap di kuku)
5. Tinea Capatis (kurap di kepala)
6. Tinea Barbae (kurap di kumis atau janggut)
Infeksi kurap memang tidak menjadikan maut namun sanggup menghipnotis kualitas hidup penderitanya.
Ciri dan tanda tinea atau kurap biasanya berupa bercak pada kulit, rasa gatal dan terasa perih. Bila dibiarkan maka kurap akan semakin luas, bahkan bercak-bercak yang ada sanggup berkumpul menjadi satu membentuk "pulau" besar di permukaan tubuh.
Penyebab Kurap atau tinea ialah akhir higienitas tubuh yang kurang, contohnya malas mandi, berkeringat banyak tapi tidak mengganti baju. Kurap ini ialah penyakit menular, sehingga sanggup menular ke orang lain, contohnya dengan kontak kulit dengan penderita, membuatkan handuk, bertukar pakaian dan lain-lain.
Cara pengobatan kurap atau tinea yang biasa dilakukan oleh dokter ialah dengan memperlihatkan obat berupa anti jamur berupa krim yang dioleskan. Umumnya krim yang banyak dipakai berasal dari golongan azol, ibarat mikonazol, ketokonazol, klotrimazol. Lainnya sanggup mengandung alilamin, benzilamin atau piridon.
Pada perkara kurap berat biasanya dokter akan memperlihatkan obat anti jamur yang diminum bersamaan dengan obat oles. Obat yang diminum sanggup berupa golongan azol contohnya flukonazol, itrakonazol, alilamin (terbinafin), atau griseofulvin.
Demikianlah perihal Apa itu kurap dan pengobatan kurap semoga bermanfaat. (Dokter Kita).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...