Manfaat Dan Khasiat Kulit Buah

Kulit Buah kadang kita anggap tidak bermanfaat dan berguna, alasannya ialah memang kulit buah ini rasanya tidak lezat sehingga banyak kita buang. Padahal untuk beberapa jenis buah, ternyata kulitnya terdapat nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh melebihi daging buahnya sendiri.
Berikut ini beberapa macam buah yang kulitnya bermanfaat bagi kesehatan :
1. Kulit Manggis
Manfaat buah manggis untuk kesehatan yang terbanyak pada kulitnya bukan pada buahnya. Pada kulit manggis terdapat zat antioksidan yaitu Xanthones yang mempunyai khasiat anti bakteri, anti virus, anti jamur, anti diabetes, mencegah dan mengobati penyakit jantung. Belakangan para ilmuwan sedang menguji potensi kulit manggis sebagai obat virus HIV. Xanthones juga bisa merawat beberapa jenis kanker ibarat kanker hati, kanker payudara, kanker paru-paru, dan kanker lambung.
Cara mengolah kulit manggis ialah : Cuci higienis kulit manggis, belah 2 kulit tersebut, lalu bagian tersebut direbus dengan 4 gelas air, saring rebusan kulit manggis tersebut. Ramuan ini bisa diminum 2-3 kali dalam sehari.
2. Kulit Pisang
Kulit Pisang banyak mengandung potassium dan serat yang membantu pencernaan, serta mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Didalamnya juga terkandung triptofan yang sanggup meningkatkan kadar hormon serotonin dalam tubuh, sehingga mood atau suasana hati membaik. Selain itu ada lutein yang melindungi mata radikal bebas dan UV.
Cara mengolah kulit pisang ialah : Kulit pisang direbus selama 10 menit atau memblendernya dengan buah lain.
3. Kulit Mangga
Kulit mangga yang kenyal, kaya akan antioksidan dan serat. Profesor Mike Gidley dari University of Queensland juga menemukan bahwa kulit mangga mengandung senyawa yang menghambat pembentukan sel lemak tubuh, sehingga sanggup membantu melangsingkan badan. 
Cara mengolah kulit mangga ialah : Kulit mangga dijemur selama beberapa hari sehingga sanggup dijadikan snack.
4. Kulit Jeruk
Kulit jeruk mengandung senyawa polymethoxylated flavones (PMF) yang terbukti ampuh menurunkan kadar kolesterol. Kulit jeruk bab luar (bukan kulit ari bab dalam yang berwarna putih) mengandung d-limonene yang melindungi kulit dari sinar UV. Riset dari University of Arizona menyebutkan bahwa mengonsumsi satu sendok teh kulit jeruk setiap ahad sanggup mengurangi risiko kanker kulit hingga 30%.
Cara mengolah kulit jeruk ialah : Kulit jeruk dibentuk dipotong-potong manisan atau marmalade. 
5. Kulit Apel
Sebuah penelitian di Cornell University mengatakan bahwa kandungan fitokimia dalam kulit apel, 87 % lebih banyak dibanding daging buahnya. Beragam senyawa fitokimia dalam kulit apel merupakan antioksidan yang berguna mencegah kanker. Untuk mengonsumsi apel beserta kulitnya membutuhkan perlakuan khusus, yaitu dengan mencuci terlebih dahulu dengan air mengalir hingga benar-benar bersih. Hal ini dikarenakan apel ialah buah yang sering disemprot cairan pestisida dan lapisan lilin.
Demikianlah perihal Manfaat dan Khasiat Kulit Buah, agar bermanfaat. (Tashfiyah). 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...