Penyebab Rambut Berketombe

Siapa sih yang tidak kesal dengan duduk perkara rambut berjulukan ketombe ini? Selain sanggup menimbulkan kulit kepala terasa gatal, ketombe juga akan sangat mengganggu penampilan kita. Meskipun merupakan duduk perkara sejuta umat, tapi tetap saja kemunculannya sering menciptakan kita merasa tidak pede. Untuk itu, pada postingan kali ini akan saya tuliskan beberapa faktor penyebab rambut berketombe biar kita sanggup mencegah ketombe.

Siapa sih yang tidak kesal dengan duduk perkara rambut berjulukan ketombe ini Penyebab Rambut Berketombe

Penyebab Ketombe Pada Rambut


Ketombe intinya diakibatkan lantaran pengelupasan sel-sel kulit mati di kulit kepala yang terjadi secara berlebihan. Penglupasan sel-sel kulit mati ini sebetulnya yakni hal yang masuk akal lantaran normalnya sel kulit mati akan terkelupas setiap 28-30 hari. Tapi pada orang yang mengalami ketombe, penglupasan ini berlangsung terus menerus dan kadang disertai oleh gejala-gejala iritasi menyerupai kulit kepala memerah atau gatal. Banyak faktor yang sanggup mempengaruhi munculnya ketombe, menyerupai gangguan hormonal, kulit kepala yang mempunyai kelembaban tinggi, kelainan syaraf, dan stres.

1. Penyakit Kulit. Dermatitis seboroik dan Psoriasis yakni dua penyakit kulit yang sanggup menimbulkan timbulnya ketombe. Dermatitis seboroik yakni abuh kulit yang disebabkan oleh jamur yang berukuran sangat kecil, contohnya yakni jamur Malassezia. Infeksi jamur ini biasanya ditandai dengan produksi minyak yang sangat berlebihan di kulit kepala. Sedangkan Psoriasis biasanya ditandai denga kulit kepala yang bersisik dan tidak rata serta kemerahan.

2. Kulit Kepala Berminyak. Produksi minyak secara berlebihan pada kulit kepala akan menimbulkan semakin tumbuh suburnya beberapa jenis jamur yang sanggup menimbulkan ketombe. Selain itu, minyak pada kulit kepala juga sanggup mengikat sel-sel kulit mati menjadi pecahan putih yang tebal dan gampang terlihat.

3. Kulit Kepala Kering. Selain lantaran kulit kepala berminyak, kulit kepala yang kering juga sanggup menimbulkan ketombe. Hal tersebut disebabkan lantaran kulit kepala akan lebih gampang terkelupas pada kondisi kering.

4. Stres dan Ketidakseimbangan Hormon. Kondisi psikologis yang sedang jelek biasanya akan menimbulkan ketidakseimbangan hormonal. Hal ini akan besar lengan berkuasa juga pada produksi minyak di kulit yang pada hasilnya sanggup menimbulkan ketombe. (Baca juga: Cara Menghilangkan Stres).

5. Penyebab Lain. Selain keempat faktor diatas, sebetulnya masih ada beberapa faktor lagi yang sanggup menimbulkan ketombe, diantaranya fakto genetis, alergi, cuaca, penggunaan sampo yang tidak sesuai, serta lantaran kekurangan nutrisi.

Cara Mencegah Ketombe


Setelah mengetahui faktor-faktor penyebab ketombe menyerupai yang telah disebutkan diatas, tentu saja kita jadi tahu bagaimana cara mencegah ketombe. Cara mencegah ketombe sanggup dilakukan dengan mengamalkan rujukan hidup sehat menyerupai menjaga kebersihan kulit kepala dan makan makanan bernutrisi. Beberapa jenis makanan yang banyak mengandung seng menyerupai kerang-kerangan, ayam kalkun, babi, dan kacang-kacangan telah terbukti sanggup menyehatkan kulit kepala.

Cara Alami Mengatasi Ketombe


Langkah-Langkah:
  • Siapkan tiga hingga empat siung bawang merah yang sudah dikupas.
  • Parut atau tumbuk bawang merah yang sudah dikupas tadi hingga halus.
  • Oleskan tumbukkan bawang merah yang telah halus tadi ke kulit kepala sambil digosok dan dipijat secara perlahan.
  • Bilas rambut hingga higienis dan ulangi cara ini setiap seminggu sekali.
Bawang merah dipilih sebagai materi anti-ketombe alami lantaran kandungan belerang dan triterpenoidnya yang sangat tinggi. Zat ini sanggup berfungsi untuk melunturkan minyak (sebum) di kulit kepala sehingga pertumbuhan jamur sanggup ditekan dan ketombe pada rambut sanggup dicegah. Untuk tips menghilangkan ketombe yang lainnya, silahkan baca Cara Menghilangkan Ketombe.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...