6 Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Daun sirih atau yang mempunyai nama latin Piper betle L ialah tanaman obat yang aslinya berasal dari Indonesia dan sudah usang dikenal sebagai salah satu tanaman obat yang sangat bermanfaat untuk obat banyak sekali macam penyakit. Tanaman ini biasanya tumbuh merambat atau bersandar pada pohon lain. tanaman ini sanggup mencapai tinggi lima belas cm dan mempunyai batang yang berwarna cojlat kehijauan dengan berbentuk lingkaran dan juga beruas.

Daun sirih atau yang mempunyai nama latin  6 Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Tanaman sirih gampang dikenali dengan daunnya yang tunggal dan berbentuk menyerupai jantung dengan ujungnya yang runcing dan tumbuh berselang sealing. Daun sirih ini juga mengeluarkan bacin yang sedap bila diremas. Biasanya kita sering menemukan banyak orang renta yang menyunyah daun sirih ini bersama dengan gambir, pinang, dan juga kapur atau yang biasa disebut nginang. Berikut ialah beberapa manfaat daun sirih yang ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan.

  • Mengobati Diare

    Manfaat daun sirih untuk kesehatan yang pertama ialah untuk mengobati diare. Caranya ialah dengan memakai empat hingga enam lembar daun sirih dan juga enam biji merica serta satu sendok makan minyak kelapa. Setelah itu, tumbuk bahan-bahan tersebut secara bersamaan kemudian oleskan bahan-bahan yang sudah ditumbuk halus tadi pada perut anda. Lakukan hingga sakit diare yang anda derita sembuh sehinga anda tidak perlu lagi memakai obat-obatan.
  • Mengobati Alergi

    Manfaat yang kedua dari daun sirih ialah untuk mengobati gatal-gatal lantaran alergi. Caranya gampang yaitu anda tinggal mengambil enam buah daun sirih, kemudian tambah dengan satu potongan jahe kuning kemudian ditambah dengan satu setengah sendok teh minyak kayu putih. Setelah itu anda campur dan tumbuk hingga bahan-bahan tersebut halus dan gosokkan pada penggalan badan anda yang gatal.
  • Menghilangkan Bau Mulut

    Mengunyah daun sirih ternyata juga bermanfaat untuk menghilangkan bacin ekspresi yang disebabkan oleh kerusakan gigi dan juga kuman mulut. Caranya ialah dengan mencuci daun sirih kemudian kunyah daun sirih tersebut dan biarkan selama beberapa menit berada di dalam ekspresi kemudian buang. Jika anda melakukannya secara rutin yaitu dua kali sehari maka bacin ekspresi anda sanggup hilang. Bisa juga melakukannya dengan berkumur. Caranya ialah merebus lima hingga enam daun sirih yang ditambah dengan dua gelas air mendidih. Setelah itu anda tunggu hingga hirau taacuh dan gunakan untuk berkumur pada pagi dan juga sore hari sehingga anda akan segera terbebas dari bacin mulut.
  • Mengobati Pembengkakan Gusi

    Bagi anda yang menderita pembengkakan gusi, daun sirih mungkin akan menjadi solusi yang sempurna untuk mengatasinya. Caranya ialah dengan memakai lima hingga enam lembar daun sirih kemudian rebus memakai tiga gelas air hingga mendidih. Setelah itu saring dan tambahkan garam. Jika anda menggunakannya untuk berkumur sebanyak tiga kali sehari secara rutin maka penyakit anda akan segera sembuh.
  • Mengobati Radang Tenggorokan

    Selain bermanfaat untuk mengobati pembengkakan gusi, daun sirih ternyata juga berguna untuk mengobati radang tenggorokan. Caranya ialah dengan merendam tiga lembar daun sirih pada satu gelas air panas. Setelah itu tunggu hingga airnya hirau taacuh dan gunakan air randaman tersebut untuk berkumur dengan kepala yang menengadah ke atas hingga air betul-betul hingga di pangkal tenggorokan. Anda sanggup melaksanakan hal ini sebanyak tiga kali sehari.
  • Mengatasi Bronkitis

    Selain bermanfaat untuk mengatasi banyak sekali duduk kasus kesehatan mulut, daun sirih juga sanggup bermanfaat untuk mengatasi penyakit bronkitis. Caranya ialah dengan merebus 6-7 lembar daun sirih dalam dua gelas air. Lalu rebus daun sirih tersebut hingga airnya hanya tinggal satu gelas saja. Setelah itu campurkan air rebusan daun sirih tadi dengan gula. Minum ramuan daun sirih ini paling tidak setengah gelas tiap hari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...