Pengertian Dan Tanda-Tanda Anemia Kurang Darah

Anemia atau Kurang Darah adalah penyakit yang disebabkan oleh konsumsi zat besi (Fe) pada badan tidak seimbang atau kurang dibandingkan dengan kebutuhan tubuh.
Bisa juga dikatakan bahwa pengertian anemia dalah suatu kondisi dimana kadar Hemoglobin (Hb) dalam sel darah kurang dari normal.
Apa itu zat besi ?
Zat besi adalah elemen mikro yang penting bagi tubuh, dimana fungsi zat besi ini ialah untuk membantu dalam pembekuan darah (Hemoglobin).
Fungsi lain zat besi ialah diharapkan enzim sebagai penggiat. Zat besi lebih gampang diserap oleh usus halus dalam bentuk Ferro. Penyerapan ini memiliki prosedur autoregulasi yang diatur oleh kadar Ferritin yang terdapat dalam sel-sel mukosa usus.
Dalam kondisi zat besi yang baik, hanya sekitar 10% saja dari zat besi yang terdapat didalam makanan diserap kedalam mukosa usus.
Kebutuhan zat besi pada perempuan lebih banyak dibandingkan pria, bahkan apabila perempuan sedang hamil maka kebutuhan zat besi akan meningkat, lantaran janin yang ada diperut juga sangat membutuhkan zat besi. 

Oleh lantaran itu maka pada dikala hamil seorang ibu sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi lebih banyak dari sebelumnya. Jika dari makanan tidak tercukupi, sanggup mengkonsumsi obat penambah darah.
Gejala Anemia kurang darah yang umum terjadi antara lain : Badan lemah. letih, lesu, lunglai, gampang lelah, detak jantung lebih cepat, kepala pusing dan mata berkunang-kunang, muka terlihat pucat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...