8 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan

Buah naga ialah buah yang dihasilkan oleh tumbuhan sejenis kaktus yang banyak hidup di dataran rendah. Banyak orang yang salah sangka dan mengira bahwa buah ini berasal dari daratan China, padahal buah yang memliki warna mencolok ini gotong royong mempunyai habitat orisinil di Benua Amerika. Buah naga kini juga sudah banyak dibudidayakan oleh petani lokal, alasannya ialah selain perawatannya yang mudah, buah ini juga cocok untuk ditanam di tempat tropis ibarat di Indonesia.

Buah naga ialah buah yang dihasilkan oleh tumbuhan sejenis kaktus yang banyak hidup di dat 8 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan

Buah naga gotong royong mempunyai tiga varietas yaitu buah naga berkulit merah dengan daging putih, berkulit merah dengan daging merah, dan yang berkulit kuning dengan daging putih. Buah ini, selain populer alasannya ialah rasanya yang segar dan manis, juga populer alasannya ialah kandungan nutrisinya yang sangat kaya. Buah naga banyak mengandung aneka macam nutrisi ibarat vitamin, mineral, serat, antioksidan, serta aneka macam senyawa kimia lain.

Berikut ialah kandungan nutrisi yang terdapat dalam 100 gram buah naga.

Vitamin C 9 mg
Vitamin B1 0,043 mg
Vitamin B2 0,045 mg
Vitamin B3 0,43 mg
Niasin 1,3 mg
Karoten 0,012 mg
Kalsium 8,8 mg
Besi 0,65 mg
Fosfor 36,1 mg
Protein 0,23 g
Moisture 83 g
Lemak 0,61 g

Karena kandungan nutrisinya yang sangat kaya tersebut, maka tak heran bila banyak orang menyebut bahwa buah ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya:

  1. Menjaga Daya Tahan Tubuh
    Kandungan vitamin C yang cukup melimpah dalam buah naga menciptakan buah ini sangat cocok untuk dikonsumsi oleh anda yang merasa daya tahan tubuhnya sedang menurun, terutama pada kondisi ekspresi dominan yang tidak menentu ibarat kini ini.

  2. Mencegah Kanker
    Buah naga kaya akan kandungan antioksidan phytoalbumins yang sanggup menangkal aneka macam radikal bebas, termasuk radikal bebas penyebab kanker. Selain antioksidan, kandungan serat yang cukup tinggi dalam buah ini juga berfungsi untuk mengikat zat karsinogen yang menjadi penyebab kanker.

  3. Buah Rendah Kalori
    Buah naga ialah buah yang kaya nutrisi, mengenyangkan, namun tetap rendah kalori. Hal ini menciptakan buah ini sangat cocok untuk dikonsumsi oleh anda yang menderita diabetes. Dalam 100 g buah naga, hanya terkandung 60 kalori yang terdiri dari lemak tak jenuh, protein, serta karbohidrat kompleks yang gampang dicerna oleh tubuh.

  4. Buah Penambah Darah
    Buah naga mempunyai kandungan vitamin C yang cukup melimpah. Vitamin C sendiri salah satunya berfungsi dalam proses peresapan zat besi untuk pembentukan sel darah merah. Selain itu, buah ini juga mempunyai kandungan 0,65 mg/100 g zat besi. Walaupun kandungan zat besi dalam buah naga tak terlalu banyak, buah ini tetap disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita anemia.

  5. Sangat Baik Dikonsumsi Ibu Hamil
    Buah naga mengandung senyawa folates yang berfungsi untuk membentuk sel darah merah dan pembentukan susunan tulang pada janin serta sanggup menurunkan resiko bayi lahir cacat. Selain senyawa folates, buah ini juga kaya akan vitamin B1 yang sanggup membantu pertumbuhan janin. Jadi, tidak ada salahnya buat anda yang sedang hamil untuk mulai membiasakan memakan buah naga setiap hari.

  6. Menurunkan Berat Badan
    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, buah naga mempunyai kandungan serat yang sangat kaya. Serat sendiri mempunyai banyak mafaat bagi tubuh kita, ibarat untuk memperlancar pencernaan serta sanggup menurunkan berat badan. Kandungan serat yang tinggi dalam buah ini juga akan menciptakan anda cepat kenyang, sehingga buah naga sangat cocok untuk anda konsumsi ketika sedang diet mengingat buah ini juga cukup rendah kalori.

  7. Menjaga Kesehatan Jantung
    Kandungan Vitamin B1, B2, serta B3 yang cukup tinggi dalam buah naga berfungsi untuk mengontrol kadar kolesterol  serta gula darah dalam tubuh. Selain itu, buah ini juga tidak mengandung lemak jenuh ataupun lemak trans yang sanggup meningkatkan kolesterol anda. Jika kadar kolesterol dalam tubuh sanggup dikontrol, maka resiko gangguan jantung pun akan semakin kecil.

  8. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi
    seperti yang sudah ditunjukan pada tabel sebelumnya, buah naga ternyata mempunyai kandungan mineral fosfor dan kalsium yang cukup banyak. Kalsium dan fosfor sendiri berfungsi untuk menjaga kesehatan serta pertumbuhan tulang dan gigi terutama bagi dewasa dan belum dewasa yang masih dalam masa pertumbuhan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...