Apa Itu Virus Dan Ciri Virus

Siapa yang tidak tahu virus ? Pastinya semua tahu kan...karena badan kita sering terjangkit atau niscaya pernah terjangkit yang namanya virus. Beberapa Penyakit yang disebabkan oleh virus antara lain : Cacar Air, Herpes, Folio, Influenza, Ebola, Hepatitis, Rubeola, Sakit Gondong, Demam, SARS, Diare pada bayi, Penyakit Kutil, dan lain-lain.
Apa Itu Virus ?
Berikut ini artikel yang aku ambil dari (Subardi, Nuryani, Shidiq Pramono, 2009, Biologi, untuk Kelas X SMA/MA, Penerbit, CV. Usaha Makmur)
Beberapa tahun sehabis inovasi Avery, banyak muncul bukti berpengaruh bahwa DNA merupakan bahan genetik pada beberapa organisme. Bukti terkuat itu diperoleh dari penelitian mengenai virus. Pada tahun 1952, Alfred Hershey dan Martha Chase melaksanakan beberapa percobaan pada bakteriofage (atau disingkat Fag) – Virus yang menyerang bakteri. 
karena badan kita sering terjangkit atau niscaya pernah terjangkit yang namanya virus Apa Itu Virus dan Ciri Virus
Ilustrasi Gambar : www.jameserich.com
Sebagian besar virus membawa sekitar 50 gen di dalam selubung proteinnya, meskipun beberapa virus hanya mempunyai tiga gen serta ada pula yang 300 gen. Virus merupakan penyebab beberapa penyakit pada manusia, binatang maupun tumbuhan. 
Menurut keadaan fisiknya benda dibedakan menjadi dua macam yaitu benda mati (abiotik) dan benda hidup (biotik). Biotik sanggup melaksanakan metabolisme di antaranya nutrisi, sintesis, ekskresi, reproduksi, regulasi, respon terhadap rangsang. Adapun abiotik tidak sanggup melaksanakan metabolisme.
Virus oleh para ilmuwan dikatakan sebagai benda mati, bila virus tersebut di luar sel hidup. Namun, bila virus mendapat daerah pada sel hidup/organisme, virus akan menawarkan kegiatan layaknya sel hidup, yaitu bisa bereproduksi sehingga sanggup bertambah banyak. Dengan demikian virus sanggup dikategorikan sebagai bentuk peralihan antara benda mati dengan makhluk hidup. 
Semenjak Anthonie Van Leuwenhoek (1632 – 1723) menemukan mikroskop, peneliltian wacana mikroorganisme mulai berkembang. Perkembangan itu makin pesat sehabis ditemukannya mikroskop elektron. 
Tahun 1882 A. Meyer mendapat suatu penyakit yang menyerang tumbuhan tembakau, ditandai daunnya berbintik-bintik kekuningan. A. Meyer mencoba mengekstrak daun yang terinfeksi dan menyemprotkan ke daun tembakau yang sehat, ternyata daun yang sehat sanggup tertulari penyakit tersebut. 
Dengan memakai filter (saringan) yang sanggup menyaring bakteri, D. Ivanowsky melaksanakan penyaringan getah tumbuhan tembakau kemudian balasannya dioleskan pada daun tumbuhan yang sehat, ternyata tumbuhan yang sehat menjadi tertular juga. Kesimpulan mereka, organisme yang menyerang tananam tembakau yaitu patogen yang berukuran sangat kecil/zat kimia yang diproduksi oleh basil dan lolos dari penyaringan. 
Pada tahun 1987 M.Bejerink, berkebangsaan Belanda menemukan fakta bahwa organisme yang menyerang tembakau tidak sanggup tumbuh di dalam medium biakan basil dan tidak mati walaupun dimasukkan ke dalam alkohol. Bejerink menyimpulkan bahwa orgnisme yang menyerang tembakau tersebut sangatlahkecil yang hanya sanggup hidup dalam makhluk hidup yang diserangnya. 
Pada tahun 1935, Windell Stanley dari AS berhasil mengkristalkan organisme yang menyerang tumbuhan tembakau tersebut dan diberinya nama TMV (Tobacco Mozaik Virus). 
Ciri-ciri virus: 
1. Tidak mempunyai bentuk sel (aseluler). 
2. Berukuran antara (20 – 300) milimikron. 
3. Hanya mempunyai satu macam asam nukleat saja yaitu ADN (asam dioksiribo nukleat) atau ARN (asam ribo nukleat). 
4. Berupa hablur atau kristal dengan bentuk yang bervariasi; oval, memanjang, silindris, kotak dan lain-lainnya. 
5. Tubuhnya tersusun atas kepala, kulit selubung (kapsid) yang berisi ADN atau ARN saja dan serabut ekor. 
Sebagai teladan untuk kita pelajari yaitu morfologi dan struktur Bakteriofage, yaitu virus yang bisa menyerang basil Escherichia coli. 
1. Bagian kepala
Bagian ini dibungkus oleh selubung protein yang disebut kapsid, sebagai pemberi bentuk badan virus. Kapsid berupa selubung yang terdiri dari monomer identik yang masingmasing terdiri rantai polipeptida. 
2. Isi tubuh
Tubuh virus tersusun atas bahan genetik atau molekul pembawa sifat-sifat yang sanggup diturunkan berupa ADN atau ARN saja. Virus yang isi tubuhnya berupa ADN antara lain: Papova virus, Herpes virus, Adeno virus, Pox virus. Adapun tubuhnya yang berisi ARN antara lain: Paramyxo virus, Rhabdo virus, Reovirus, Picorna virus, Toga virus. Di dalam tubuh, virus tidak mempunyai organel-organel sel menyerupai mitokondria, ribosom dan lain-lainnya. 
3. Ekor 
Ekor merupakan alat untuk kontak ke badan organisme yang diserangnya. Ekor terdiri atas tabung bersumbat yang dilengkapi dengan serabut-serabut/benang-benang. Bentuk virus bervariasi.

Demikianlah sekilas Tentang Virus dan Ciri-Cirinya, Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...