Ciri Buah Sehat Tanpa Pengawet Kimia

Aneka jenis buah impor maupun lokal yang dijual dipasaran sangat menarik hati sekali untuk kita membelinya, namun melihat kenyataan bahwa dipasaran juga beredar buah dengan pengawet materi kimia berbahaya bagi kesehatan, alangkah baiknya kalau kita berhati-hati dalam menentukan buah ini.
Warna kulit buah dibedakan antara yang di formalin dengan yang tidak, semua sama-sama cerah dan kelihatan segar. Tapi kalau tidak di formalin setelah seminggu lebih sudah mulai kelihatan berubah warna, terlihat agak kusam.
Pada kulit buah apakah diberi lapisan lilin parafin atau tidak, caranya diraba kulitnya kalau ada lapisan lilinnya niscaya menempel dikuku kalau dikerik. Ciri lain buah yang tidak sehat yaitu kalau ditekan tidak lembek.
Agar lebih meyakinkan apakah buah itu sehat atau tidak anda dapat memakai Test Kit Formalin yang berkhasiat untuk mengetahui kandungan zat formalin pada buah.
Cara memakai alat ini cukup mudah, caranya potong buah dengan ukuran kecil kira-kira 10 gram kemudian rendam dengan air hangat sekitar 10 ml, selanjutnya separuh air diambil dan ditetesi dengan kit formalin. Biarkan sampai 10 menit, kalau airnya berubah warna ungu maka buah itu positif mengandung formalin. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...