Faktor Pemicu Atau Aktivis Varises (Varicose Vein)

Meski mempunyai faktor genetik atau turunan, seseorang tidak akan terkena varises kalau tidak ada faktor pemicu atau penggagas varises. Faktor pemicu atau penggagas tersebut antara lain :
a. Obesitas
Orang yang obesitas atau kegemukan memilki resiko lebih tinggi untuk terkena varises ketimbang yang tidak. Itu alasannya penderita obesitas kurang bergerak dan malas berolahraga, sehingga mengakibatkan pembuluh darah vena kurang bisa memompa darah secara optimal. Akibatnya, pedoman darah secara keseluruhan tidak lancar, dan terjadilah penggumpalan dan pembengkakan pembuluh darah. Diabetes dan kolesterol yang berafiliasi dekat dengan obesitas dan duduk perkara peredaran darah juga menjadikan terjadinya varises.
b. Terlalu Lama Duduk atau Berdiri
Duduk dalam jangka waktu usang berarti otomatis acara berkurang. Apalagi kalau kaki ditekuk dikala duduk, sehingga pembuluh darah menjadi kurang lancar. Begitu juga ketika bangun terlalu lama, kaki yang menopang berat tubuh bekerja terlalu keras, sehingga pembuluh vena akan terlalu payah dalam menjalankan tugasnyya mengalirkan darah. Terlalu usang bangun juga mengakibatkan ketegangan otot, sehingga peredaran darah jadi kurang lancar. Selain itu, dalam posisi berdiri, gaya gravitasi mengakibatkan darah cenderung mengalir kebawah. Sehingga diharapkan pembuluh darah yang besar lengan berkuasa untuk memompa darah dari kaki kembali kejantung. Tapi kalau tidak, darah tidak bisa mengalir dengan baik dan timbul varises ditempat-tempat peredaran darah tersebut tertahan.
c. Hormonal
Varises juga bisa terjadi alasannya faktor hormonal. Misalnya, pada ibu hamil. Meningkatnya kadar hormon progesteron dan estrogen, ditambah pertambahan berat tubuh dikala hamil, akan membebani kaki, sehingga mengakibatkan pedoman darah dari kaki, tungkai, pangkal paha dan perut cuilan bawah pun terhambat. Begitupun pada wanita yang mengonsumsi obat-obatan hormonal, menyerupai pil KB, mempunyai resiko lebih tinggi untuk mengalami varises.
d. Merokok
Merokok bisa memicu terjadinya varises, alasannya rokok mengandung zat-zat berbahaya yang mengakibatkan pembuluh darah jadi kaku dan terjadi penyempitan, sehingga pembuluh darah tidak lentur lagi.
e. Menderita Penyakit Tertentu
Menderita penyakit tertentu, menyerupai kolesterol tinggi dan kencing manis, juga mengakibatkan terjadinya duduk perkara peredaran darah, kelainan pembuluh darah dan kegemukan, yang memicu terjadinya varises.
f. Sering Pakai High Heels
Memakai sepatu dengan hak yang terlalu tinggi menciptakan gerak otot tumit yang berfungsi membantu kerja pembuluh darah menjadi tidak maksimal. Akibatnya, kerja pembuluh darah juga lebih berat dan ini memacu darah tertahan pada cuilan tertentu yang mengakibatkan varises.
g. Flat Foot (Kaki Datar)
Flat Foot atau kaki datar yakni kelainan bentuk kaki yang tidak mempunyai lengkungan di telapak kakinya (archus). Pada seseorang yang mempunyai kaki datar, ketika berjalan kakinya akan menopang tubuh terlalu keras, sehingga pembuluh darah akan bekerja ekstra keras ketika terjadi pementingan berat tubuh di kaki. Hal inilah yang mengakibatkan terjadinya varises pada orang dengan kelainan flat foot (Cantiq).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...