Nutrisi Untuk Rambut Sehat

Nutrisi Untuk Rambut Sehat
Seperti badan kita, rambut juga memerlukan asupan nutrisi. Nutrisi ini diperlukan untuk menumbuhkan rambut yang sehat, serta mencegah kerusakan rambut. Salah satu nutrisi yang berperan besar untuk kesehatan rambut yakni protein. Protein diperlukan untuk akar dan folikel rambut. Jika kebutuhan protein folikel rambut terpenuhi, maka pertumbuhan rambut akan berlangsung dengan baik.
Sumber masakan yang kaya protein dan mempunyai tugas dalam pertumbuhan rambut yang sehat antara lain telur, ikan, susu, daging, kacang-kacangan, biji-bijian serta sayuran. Sumber masakan ini sebaiknya di konsumsi secara berimbang.
Untik memenuhi kebutuhan protein, sebaiknya kita tidak hanya mengandalkan protein nabati, namun juga protein hewani. Mengapa begitu? Karena protein hewani mengandung asam amino yang lebih lengkap ketimbang asam amino dari sumber nabati. Salah satu asam amino yang penting yakni sistein (cysteine). Sistein merupakan senyawa asam amino non esensial. Sistein sangat berperan dalam metabolisme tubuh. Selain itu, ia juga berperan dalam mencegah kerontokan rambut.
Selain protein, rambutpun membutuhkan vitamin yang berperan dalam pertumbuhan rambut, banyak terdapat dalam materi masakan yang kaya vitamin A (wortel dan buah-buahan yang berwarna merah), vitamin B dan C (buah-buahan, sayuran, telur, sus), vitamin E (sayuran hijau, kacang-kacangan, alpukat).
Disamping itu, mineral juga turut berperan. Sebut saja zat besi. Zat besi yang diperlukan untuk mendistribusikan oksigen ke dalam rambut banyak terdapat pada sayuran berwarna hijau tua. Mineral lainnya yakni Zinc (Zn) dan Iodium (I) banyak terdapat dalam masakan maritim dan daging. Zat lain yang diperlukan biar rambut tumbuh lebih sehat yakni asam lemak. Sumber masakan yang kaya akan asam lemak antara lain ialah minyak ikan, kacang-kacangan, biji-bijian dan buah alpukat.
Semua sumber nutrisi itu sanggup ditemukan atau di peroleh dengan mudah. Jika kita melongok ke supermarket saja, hampir semuanya tersedia. Terbukti, memenuhi kebutuhan nutrisi rambut tidak terlalu sulit, bukan? Sekali lagi, untuk menjaga keindahan dan kesehatan rambut itu tidak cukup perawatan dari luar saja, barengi juga dengan asupan nutrisi yang baik dari dalam. Dengan begitu, impian kita untuk mempunyai rambut yang elok sanggup terwujud (Nova).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...