Pengertian Dan Faktor Yang Mensugesti Jerawat Nosokomial

Pengertian atau Definisi Infeksi Nosokomial (Nosocomial Infections) adalah nanah yang didapat penderita saat penderita itu dirawat disarana pelayanan kesehatan, baik itu puskesmas, klinik, maupun rumah sakit.
Infeksi nosokomial bersumber pada peralatan kedokteran, makanan minuman, udara, debu, air limbah, bahan-bahan desinfektan, dokter, perawat, laboran, pengunjung, penderita yang dirawat, binatang yang berada di lingkungan sarana pelayanan kesehatan, contohnya nyamuk lalat dan masih banyak lagi yang berada di lingkungan sarana pelayanan kesehatan.

Faktor yang mensugesti terjadinya nanah nosokomial secara garis besar dibagi menjadi 2 yaitu faktor endogen dan eksogen.
1. Faktor Endogen  
Meliputi umur dan penurunan daya tahan tubuh.
2. Faktor Eksogen
Meliputi :
a. Lama penderita dirawat
Lama perawatan sangat bersahabat kaitannya dengan risiko untuk mendapat nanah nosokomial, tetapi hal ini banyak dihubungkan dengan banyak sekali manipulasi tindakan yang dilakukan selama perawatan.
b. Kelompok yang merawat
Dokter dan Paramedis merupakan sumber nanah penting dalam terjadinya nanah pada penderita yang dirawat, maka dalam hal ini perlu diperhatikan kesehatan dan kebersihannya, pengetahuan septik dan anti septik serta keterampilan dalam menerapkan teknik perawatan.
c. Peralatan
Dalam hal ini perlu diketahui secara mendalam bagaimana cara membersihkan alat, mempertahankan kesterilan alat dan cara memakai alat.
d. Lingkungan
Dalam hal ini perlu diperhatikan desain ruangan yang memenuhi standar, ukuran ruangan, ventilasi, cahaya, persediaan air bersih, akomodasi basuh tangan, desinfektan dan sterilisasi, pembuangan air kotor dan air limbah.

Sumber Tulisan :
Priyambodo, J, 1999, Pengendalian Infeksi Nosokomial di Rumah Sakit dalam Menyongsong Akreditasi Rumah Sakit, Seminar Pengendalian Infeksi Nosokomial, RSUD Dr. Moewardi, Surakarta. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...