Penyebab Ganggren Atau Pembusukan Kulit

Ganggren yaitu pembusukan pada luka yang disebabkan oleh berkurangnya atau berhentinya suplai darah ke jaringan yang luka sehingga mematikan sel-sel.
Jenis Ganggren atau Pembusukan Kulit ada lima yaitu :
1. Ganggren Kering
2. Ganggren Basah
3. Gas Ganggren
4. Ganggrene Internal
5. Fasciitis Necrotising
Penyebab Ganggren atau Pembusukan Kulit itu sendiri yaitu lantaran nanah yang disebabkan oleh Clostridium Perfringens (CP) dan Eksotoksin Klostridial (EK), yaitu jenis basil yang ditemukan di dalam tanah, tempat-tempat kotor, kawasan yang lembab, dan tembakau yang terkontaminasi air. Karena itu tidak jarang para perokok berat sering terkena ganggren meski hanya stadium ringan. 
Bakteri-bakteri penyebab ganggren ini prosesnya diawali dengan masuknya basil melalui luka yang terbuka kemudian menjalar ke otot dan berkembang biak di jaringan nekrotik. Bakteri ini kemudian mengeluarkan racun. Sel-sel badan membutuhkan nutrisi dan oksigen dari darah, akan tetapi dikarenakan terkena racun basil CP dan EK maka darah berhenti sehingga sel-sel darah menjadi rusak yang balasannya mati atau terjadi necrosis. Termasuk juga terhentinya pasokan sel darah putih yang biasanya memberi sistem kekebalan.
Demikianlah wacana Penyebab Ganggren atau Pembusukan Kulit, biar bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...