Tanda Dan Tanda-Tanda Ganggren Pembusukan Luka

Sudah aku tuliskan dalam Penyebab Ganggren atau Pembusukan Kulit bahwa ganggren yaitu pembusukan pada luka yang disebabkan oleh berkurangnya atau berhentinya suplai darah ke jaringan yang luka sehingga mematikan sel-sel.
Tanda dan Gejala Ganggren atau pembusukan luka ini antara lain rasa nyeri yang luar biasa pada luka, luka-luka ini bisanya terjjadi pada potongan jari, kaki, lengan dan telapak. 
Keluhan ini berlanjut dengan penggembungan daging disekitar luka. Karena suplai darah yang berkurang atau tidak memadai untuk menjaga jaringan, kesudahannya potongan yang terkotori basil Clostridium Perfringens (CP) terhenti sehingga daging dan kulit disekitar luka mulai menyusut dan berubah hitam legam.
Jika sudah menyerupai ini maka akan terjadi pembusukan dan mengeluarkan anyir yang tidak sedap. Warna gelap ini disebabkan terganggunya hemoglobin dari sel darah merah hemolyzed lantaran hidrogen sulfida (H2S) yang diproduksi oleh bakteri. Untuk ganggren jenis berair terjadi pada organ lain menyerupai mulut, usus, paru-paru, leher rahim, dan vulva. Jaringan yang terinfeksi oleh mikroorganisme ini juga menyebabkan pembusukan.
Sedangkan untuk jenis ganggren kering perkembangannya lambat sampai berbulan-bulan. Biasanya organ badan pasien muncul garis merah pada kulit yang mengelilingi jaringan yang terkena. Daerah ini akan berubah dari merah, coklat, sampai hitam, dan secara sedikit demi sedikit akan menjadi mati rasa dan dingin. Ketika nekrosis atau kematian jaringan terjadi mungkin ada rasa sakit.
Namun pada beberapa pasien yang sudah renta tidak akan mencicipi apa-apa alias mati rasa, tapi tahu-tahu sudah terjadi pembusukan.  

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...