Cara Mencegah Timbulnya Varises

Cara Mencegah Timbulnya Varises
Timbulnya varises sebenarnya sanggup dihindari. Berikut ini yang sanggup dilakukan biar Anda terbebas dari varises yang mengganggu keindahan kaki :
1. Tidur dengan Posisi Kaki Lebih Tinggi
Seusai beraktivitas atau di malam hari menjelang tidur, berbaringlah dengan memposisikan kaki dan tungkai lebih tinggi dari jantung, selama 20 menit. Lakukan hal tersebut 3-4 kali sehari.
Posisi menyerupai itu akan membantu darah mengalir sesuai gaya gravitasi, sehingga pembuluh darah vena tidak bekerja terlalu berat. Serta tidak terjadi penggumpalan darah yang mengakibatkan varises.
2. Jangan Berdiri atau Duduk Terlalu Lama
Berdiri atau duduk terlalu usang sanggup menghambat pedoman darah, sehingga memicu munculnya varises.
Kalaupun harus melakukannya, usahakan disertai dengan peregangan, terutama di sekitar kaki. selain itu, hindari duduk dengan menyilangkan kaki, alasannya yaitu sanggup menghambat kelancaran peredaan darah, sehingga menimbulkan darah tertahan dan mengakibatkan varises.
3. Olahraga
Olahraga rutin untuk melatih otot kaki minimal 30 menit setiap hari, menyerupai jalan santai, jalan cepat, jogging, bersepeda dan berenang.
4. Konsumsi Makanan Bergizi
Perbanyak konsumsi sayur dan buah yang berserat tinggi dan makanan yang sanggup merangsang sirkulasi darah, menyerupai bawan merah, bawang putih, bawang bombay, jahe, dan cabe merah.
Juga makanan yang kaya dengan vitamin B kompleks, vit C, vit E, vit B6, magnesium, asam folat, kalsium dan zinc. Kurangi konsumsi gula, garam, daging merah, makanan gorengan dan protein hewani.
5. Jaga Berat Badan
Menjaga berat tubuh tetap ideal akan mengurangi beban kaki dalam menopang berat tubuh. Sehingga pembuluh darah tidak bekerja terlalu berat untuk memompa darah.
6. Hindari Pakaian Terlalu Ketat
Pakaian ketat, terutama pada pecahan paha dan pinggang sanggup menghambat peredaran darah sehingga memungkinkan darah tertahan dan memicu varises.
7. Hindari Terlalu Sering Pakai High Heels dan Flat Shoes
Memakai sepatu hak tinggi dalam waktu usang sanggup mengakibatkan pembuluh arah vena bekerja terlau berat memompa darah ke jantung. Ini sanggup menciptakan darah mengumpul dan memicu varises.
Sedang terlalu sering menggunakan flat shoes akan meningkatkan resiko terjadinya flat foot atau kaki datar, yang memicu munculnya varises. Itu alasannya yaitu tekanan tubuh dikaki terlalu berat. Hak yang ideal yaitu tiga sentimeter. Dengan hak setinggi itu, akan memungkinkan kaki bekerja sesuai postur norrmalnya, yaitu ada lengkungan dan ganjal ditelapak kaki. Sehingga berat tubuh tidak akan menekan kaki terlalu berat, dan varises tidak akan terjadi.
8. Istirahat Bila Lelah
Segera beristirahat kalau kaki terasa lelah berjalan terlalu lama. Lakukan peregangan dengan memutar-mutar pergelangan dan ujung-ujung kaki biar rileks dan peredaran darah lancar (Cantiq).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...