Diabetes Mellitus Tipe 1 Dan Pengobatannya

Who mengklasifikasikan bentuk diabetes menurut perawatannya : Diabetes Mellitus Tipe 1, Diabetes Mellitus Tipe 2, Diabetes Tipe 3.
 Who mengklasifikasikan bentuk diabetes menurut perawatannya  Diabetes Mellitus Tipe 1 dan Pengobatannya

Berikut ini penjelasannya :
Diabetes Mellitus Tipe 1 atau IDDM (Insulin Dependent Diabetes Mellitus) yakni diabetes yang terjadi alasannya yakni berkurangnya rasio insulin dalam sirkulasi darah yang diakibatkan hilangnya sel beta penghasil insulin. IDDM sanggup diderita oleh belum dewasa dan orang dewasa. Saat ini IDDM tidak sanggup dicegah atau disembuhkan, bahkan dengan diet maupun olahraga.
Kebanyakan penderita diabetes tipe 1 mempunyai kesehatan dan berat tubuh yang baik ketika penyakit itu mulai dideritanya. Saat ini diabetes mellitus tipe 1 hanya sanggup diobati dengan memakai therapy insulin dengan pengawasan yang teliti terhadap tingkat glukosa darah melalui alat monitor penguji gula darah.
Pengobatan dasar diabetes mellitus tipe 1, bahkan pada tahap awal sekalipun yakni pergantian insulin. Tanpa insulin diabetic ketoacidosis sanggup menjadikan koma bahkan sanggup mengalami kematian. Penekanan diubahsuaikan dengan gaya hidup (diet dan olahraga) dan dukungan insulin 24 hari dengan takaran tertentu.
Perawatan diabetes mellitus tipe 1 harus berlanjut terus. Pada ketika perawatan tidak akan mengurangi acara normal apabila kesadarannya cukup, perawatan yang sempurna dan kedisiplinan dalam investigasi dan pengobatan yang dijalankan.
Tingkat glukosa rata-rata pada pasien diabetes tipe 1 harus sedekat mungkin dengan angka normal (80-120 mg/dl, 4-6 mmol/l). Apabila angka diatas 200 mg/dl (10 mmol/l) biasanya sering diikuti rasa tidak nyaman dan buang air kecil yang terlalu sering sehingga menjadikan dehidrasi. Angka diatas 300 mg/dl (15 mmol/l) biasanya membutuhkan perawatan secepatnya sedangkan yang diatas angka normal (80 mg/dl - 200 mg/dl) perlu dilakukan rujukan. Tingkat glukosa yang rendah disebut hipoglisemia yang sanggup menjadikan hilangnya kesadaran.

Sumber :
Rudianto, B.F, 2013, Menaklukkan Hipertensi dan Diabetes (Mendeteksi, Mencegah, dan Mengobati dengan Cara Medis dan Herbal) Penerbit Sakkhasukma, Yogyakarta.
Susanto, G.W, 2011, Terapi Gusi untuk Kesehatan dan Kecantikan, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...