Penebalan Pada Kulit Kaki / Kapalan

Penebalan Pada Kulit Kaki atau kebanyakan orang menyebutnya dengan kapalan (callus) sudah jamak dan banyak terjadi, mungkin malah tiap-tiap orang  pernah mengalaminya. Penebalan pada kulit kaki tidak hanya kapalan tetapi sanggup juga sebagai clavus (corn), hyperkeratosis plantaris dan veruca. Berikut ini perbedaannya :
a. Kapalan (Callus)
Kapalan ialah gangguan pada kulit kaki yang ditandai dengan menebalnya lapisan tanduk atau stratum corneum pada lapisan epidermis. Penebalan tersebut bersifat lokal, yaitu pada bagian-bagian tertentu pada kulit kaki yang mengalami tekanan, ukiran atau stress berat secara berulang-ulang dan dalam waktu lama.
Tekanan, ukiran dan stress berat tersebut sanggup diakibatkan pemakaian sepatu yang tidak sempurna dan dalam waktu yang lama. Seperti ukuran sepatu yang sempit, bentuk sepatu yang tidak sesuai dengan bentuk kaki, bantalan sepatu yang keras dan materi sepatu yang keras. Selain itu, anatomi alamiah dimana jari kaki terlalu berhimpitan juga sanggup menimbulkan kapalan. Berat tubuh berlebih juga berkontribusi sebagai faktor penyebab kapalan lantaran menawarkan tekanan yang besar pada telapak kaki.
b. Clavus (Corn)
Clavus (corn) ialah kapalan yang lebih berat. Clavus disebut juga corn lantaran bentuknya mirip jagung kering yang ditengahnya terdapat titik. Begitu pula dengan clavus, pada kawasan yang mengalami penebalan, terdapat titik ditengahnya. Karena terdapat titik, beberapa orang menyebut clavus sebagai mata ikan. Clavus sifatnya kering dan keras. Jika ditekan, clavus akan menjadikan rasa nyeri dan clavus ini sanggup menjadikan luka dan berdarah.
c. Hyperkeratosis Plantaris
Hyperkeratosis plantaris sering disamakan dengan kapalan. Memang keduanya sama-sama ditandai dengan penebalan pada kulit telapak kaki. Hanya saja penebalan pada hyperkeratosis plantaris sifatnya menyeluruh atau terjadi pada seluruh kepingan kulit telapak kaki. Selain itu hyperkeratosis plantaris lebih disebabkan gangguan mirip eksim, dermatitis, ataupun psoriasis.
d. Veruca
Veruca juga ditandai dengan penebalan pada telapak kaki. Berbeda dengan kapalan yang disebabkan oleh trauma, tekanan dan ukiran dalam waktu yang lama, veruca lebih disebabkan oleh virus (Cantiq).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...