Tanda, Penyebab, Cara Mengatasi Dan Mengobati Cantengan

Tanda Terkena Cantengan, Penyebab Cantengan, Cara Mengatasi dan Mengobati Cantengan
Masalah lain selain kapalan yang dapat muncul pada kaki, terutama jempol kaki yaitu cantengan atau ingrown nail. Gangguan tersebut ditandai dengan tumbuhnya kuku ke dalam daging dibawah kuku atau nail bed. Kondisi tersebut dapat menimbulkan luka, bengkak, dan nyeri. 
Cantengan dapat disebabkan oleh pemakaian sepatu yang terlalu sempit, sehingga kuku mengalami tekanan dan trauma. Bisa juga akhir memotong kuku tidak rata atau terlalu pendek, terutama dibagian tepinya, sehingga pertumbuhan kuku berikutnya cenderung masuk kedalam nail bed dan menimbulkan luka.
Luka tersebut akan diperparah jikalau terkena infeksi sekunder oleh kuman akhir penggunaan alat pemotong kuku yang tidak bersih. Selain itu, cantengan juga dapat disebabkan adanya kelainan bentuk kuku, sehingga kuku cenderung tumbuh kedalam dan menekan nail bed. hal itu berkaitan dengan faktor genetik.
Cantengan dapat diatasi dan diobati dengan beberapa cara berikut ini :
a. Potong Kuku Sesuai Batasnya
Mencegah cantengan dapat dilakukan dengan cara memotong kuku sesuai batas kuku yang melekat pada nail bed. Gampangnya, kuku yang dipotong yaitu ujung kuku yang berwarna lebih putih ketimbang kuku dibelakangnya yang cenderung berwarna pink, yang melekat pada nail bed.
b. Bersihkan Alat Pemotong Kuku
Meski terlihat sepele, membersihkan alat pemotong kuku sesudah dipakai penting dilakukan. Sebab, alat pemotong kuku yang kotor memungkinkan kuman dan kuman melekat pada alat pemotong tersebut. Sehingga saat dipakai untuk memotong kuku lagi, kuman dan kuman tersebut akan melekat juga pada kuku dan memungkinkan terjadinya infeksi sekunder. Karena itu, sebaiknya alat pemotong kuku dibersihkan sesudah digunakan, dengan menggunakan alkohol.
c. Hindari Pakai Sepatu Sempit
Agar kuku tidak mengalami pemfokusan dan syok yang memicu cantengan, sebaiknya hindari menggunakan sepatu terlalu sempit. Sebagai gantinya, pilihlah sepatu yang sesuai dengan ukuran dan benyuk kaki.
d. Beri Antibiotik
Mengatasi ingrown nail dapat juga dilakukan dengan cara menunjukkan antibiotik. Namun, itu dilakukan jikalau cantengan disertai infeksi sekunder oleh bakteri.
e. Operasi 
Jika cantengan sudah parah, diharapkan tindakan operasi untuk mengurangi jaringan kulit yang menebal dan infeksi (granulasi) (Cantiq).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...