Penyebab Timbulnya Jerawat

Siapa sih yang belum pernah mengalami jerawatan? Jerawat bisa dibilang merupakan salah satu duduk perkara yang cukup menjengkelkan terutama bagi kaum remaja. Timbulnya jerawat dalam jumlah banyak, apalagi di kawasan muka tentu akan sangat mengganggu penampilan kita sehingga tak jarang akan menciptakan kita tidak percaya diri.

Jerawat memang bukanlah jenis penyakit yang berbahaya, tapi nyatanya banyak orang yang rela merogoh kocek mereka dalam-dalam hanya untuk mengatasi duduk perkara kulit yang satu ini. Sebenarnya jikalau kita mengetahui dan memahami betul faktor-faktor apa saja yang sanggup menjadi penyebab timbulnya jerawat, kita bisa mencegah datangnya penyakit kulit ini sehingga kita tidak harus mengeluarkan banyak uang untuk membeli obat atau perawatan jerawat.

Siapa sih yang belum pernah mengalami jerawatan Penyebab Timbulnya Jerawat

Apa Itu Jerawat?


Jerawat intinya disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori kulit sehingga akan mengakibatkan infeksi dan radang pada kelenjar minyak yang mengakibatkan kantung abuh pada kulit kita. Propionibacterium acnes yakni salah satu jenis basil yang sanggup mengakibatkan jerawat. Bakteri ini bisa mengubah lemak dari bentuk cair ke bentuk padat sehingga pori-pori kulit akan tersumbat. Tersumbatnya pori-pori kulit ini akan mengakibatkan radang pada kulit. Radang inilah yang kita disebut sebagai jerawat.

Berbagai Faktor Penyebab Jerawat


Berikut akan sedikit aku sampaikan beberapa faktor penyebab timbulnya jerawat sehingga kita bisa melaksanakan langkah-langkah untuk mencegah duduk perkara kulit yang sangat menjengkelkan ini.

  • Produksi hormon yang tidak seimbang terutama pada sampaumur akan mengakibatkan sekresi yang berlebihan pada kelenjar minyak. Pada balasannya kulit akan menghasilkan minyak yang berlebihan dan timbullah jerawat.
  • Sel kulit mati yang tidak dibersihkan yakni faktor lain yang mengakibatkan timbulnya jerawat. Sel kulit mati yang sudah menumpuk ini kemudian akan membentuk komedo. Jika tercemar basil Propionibacterium acnes, komedo akan meradang dan timbullah jerawat.
  • Faktor genetik, jerawat memang bukanlah penyakit turunan. Namun penelitian mengatakan jikalau anak dari orang bau tanah yang berjerawat memiliki peluang yang lebih besar untuk berjerawat daripada belum dewasa dari orang bau tanah yang tidak berjerawat.
  • Kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit atau yang mengandung bahan-bahan kimia tertentu kadang memiliki pengaruh samping menciptakan kulit menjadi kering. Untuk mengimbangi kulit yang kering tersebut, maka minyak akan diproduksi secara besar-besaran sehingga jerawat akan muncul. Selain itu, kosmetik atau pembersih muka yang tidak sesuai dengan ph kulit bisa mengakibatkan iritasi.
  • Stres, hampir sama dengan yang nomer satu, kulit akan memproduksi minyak secara besar-besaran ketika seorang stress.
Dari uraian diatas, sanggup kita simpulkan bahwa jerawat sanggup kita cegah dengan cara menjaga kebersihan, menggunakan kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit, serta menghindarkan pikiran dari stress. Sepertinya cukup hingga disini saja pembahasan kita mengenai penyebab timbulnya jerawat kali ini. Jika ada yang ingin menambahkan, silahkan tulis saja di kolom komentar. Terimakasih...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...