Penyebab Dan Cara Menghilangkan Keloid

Penyebab Keloid dan Cara Menghilangkan Keloid
Keloid adalah pertumbuhan yang tak lazim pada jaringan fibrosa. Biasanya muncul sehabis ada trauma, yang ditandai makin besarnya jaringan secara progresif, melampaui batas syok semula, sehingga terbentuk massa tumor yang seolah-olah akar. Ada banyak faktor penyebab yang diduga berperan dalam terbentuknya keloid, yaitu trauma, umur, jenis kelamin, genetik, endokrin, benda asing, infeksi, regangan dan lokasi kulit.
Pada keloid, proses penyembuhan luka mengalami penyimpangan dengan adanya peningkatan pembentukan kolagen tanpa disertai peningkatan degradasikolagen, yang terbentuk meningkat secara drastis. Berbagai cara penanggulangan keloid telah dilakukan, masing-masing teknik ada kelebihan dan kekurangannya.
Pengobatan keloid antara lain dengan suntikan intralesi kortikosteroid. Tujuannya untuk menekan peradangan pada keloid. Biasanya penyuntikan diulang setiap 1-2 ahad supaya efek terapinya terlihat. Radioterapi memperlihatkan respon yang baik pada keloid muda. Bisa dikombinasikan dengan tindakan bedah. Terapy laser dengan memakai pulsed dye laser dikatakan dapat mengatasi keloid, terutama yang masih berwarna kemerahan dan berusia kurang dari enam bulan.
Tindakan bedah skalpel dapat dilakukan pada keloid yang tidak terlalu besar dan soliter, linier dan sempit. Biasanya dikombinasi dengan tindakan injeksi intralesi kortikosteroid atau pementingan keloid dengan pembalut lentur khusus secara terus-menerus selama 15 hari hingga 2 bulan (Cantiq).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...